Friday 3 April 2015

Skrip/Code PHP: Koncersi Array 1 Dimensi Jadi 2 Dimensi


<?php

$angka=array(1,2,3,4,5,6,7,8,9,10);
$no=0;

for($i=0; $i < 2; $i++){
      for($j=0; $j < 5; $j++){
            $angkabaru[$i][$j]=$angka[$no];
            $no++;
      }
}

for($i=0; $i < 2; $i++){
      for($j=0; $j < 5; $j++){
            echo $angkabaru[$i][$j];
      }
}

?>

Cara Kerja:
Langkah pertama kita buat array 1 dimensi yang berisi 10 data dari index 0-9. Langkah selanjutnya adalah membagi 10 data array menjadi dua bagian. Maka array terbentuk menjadi dua. Masing – masing Array dimensi pertama  dan kedua berisi 5 data.

Untuk proses pembentukan array 1 dimensi menjadi 2dimensi dengan proses perulangan. Jika kita ibaratkan baris dan kolom maka terdiri dari 2 baris dan 5 kolom. Perulangan for pertama mendefinisikan baris dan perulangan for kedua mendefinisikan kolom.

Array yang akan kita bentuk adalah terdiri dari dua baris lima kolom. Baris pertama yang merupakan index ke 0 dari array 1 dimensi, terdiri dari angka 1-5 yang terkonversi menjadi array 2 dimensi, sedangkan baris kedua yang merupakan index ke 1 dari array 1 dimensi, terdiri dari angka 6-10 yang terkonversi menjadi array 2 dimensi.

Skrip $angkabaru[$i][$j]=$angka[$no] penjelasannya seperti ini: setiap data pada array di index tertentu akan dimasukkan ke dalam array dua dimensi di index tertentu. Missal data dalam variable $angka di index ke 0 yaitu 1, akan dimasukkan kedalam array dua dimensi di variable angkabaru di index 0,0. Sehingga $angkabaru[0][0]=$angka[0] atau $angkabaru[0][0]=1. Perulangan berlanjut sampai 5 kali atau kolom atau $j=5. Jika $j=5 selanjutnya perulangan berlanjut ke baris ke dua yaitu $i=1 hingga 5 kali perulangan juga.

Untuk menampilkan array dua dimensi dengan perulangan for didalam for seperti skrip di atas. 

Related Posts

Skrip/Code PHP: Koncersi Array 1 Dimensi Jadi 2 Dimensi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.