Thursday 16 April 2015

Skrip/Code PHP: Tampil tulisan dengan fungsi




<?php

function tampil_tulisan(){
echo "tampil tulisan lewat fungsi cara 1 <br>";
}

function tampil_tulisan2(){
$tulisan="tampil tulisan lewat fungsi cara 2";
return $tulisan;
}

tampil_tulisan();
echo tampil_tulisan2();

?>

Cara Kerja Program:

Sebelum masuk ke penjelasan dari source code di atas, ada baiknya berkenalan terlebih dahulu dengan fungsi dalam pemrograman. Fungsi dalam pemrograman memiliki nama lain seperti subprogram, subrutin, dan method. Fungsi berguna untuk membagi beberapa tugas tertentu dari program yang dibuat.

Untuk membuat fungsi dalam pemrograman PHP dapat mengikuti aturan penulisan sebagai berikut:

function nama_fungsi(parameter 1, parameter 2, ..., parameter ke n)
{
Pernyataan fungsi
}

Membuat sebuah fungsi dalam pemrograman PHP harus menggunakan keyword function kemudian diikuti nama fungsi dan tanda kurung. Di dalam tanda kurung dapat diletakkan lebih dari satu parameter. Selanjutnya fungsi diikuti oleh tanda kurung kurawal buka dan tutup “{}”. Didalam tanda kurung kurawal ini semua perintah atau pernyataan di lakukan.

Fungsi atau method dibagi menjadi dua, yaitu fungsi yang tidak memiliki parameter dan fungsi yang memiliki parameter. Parameter adalah data masukan dari luar yang ingin diolah di dalam blok pernyataan sebuah fungsi.

Fungsi juga dapat menyimpan data kembalian sehingga fungsi memiliki nilai. Untuk membuat fungsi menampung sebuah nilai tambahkan return yang diikuti dengan data yang akan dikembalikan pada akhir pernyataan sebuah fungsi.

Program diatas dirancang untuk menampilkan tulisan atau string melalui fungsi. Fungsi yang dibuat terdiri dari fungsi tampil_tulisan1() dan fungsi tampil_tulisan2(). Fungsi tampil_tulisan1() berisi pernyataan untuk menampilkan tulisan secara langsung melalui fungsi echo. Sedangkan di fungsi tampil_tulisan2() nilai dikembalikan kedalam fungsi sehingga fungsi memiliki nilai

Fungsi pertama dan kedua dari program diatas dieksekusi dengan cara berbeda. Pada fungsi pertama untuk menjalankan fungsi cukup dengan menuliskan nama fungsinya saja.

tampil_tulisan();

Sementara itu untuk menjalankan fungsi kedua melalui echo. Hal ini karena fungsi kedua memiliki nilai balik sedangkan fungsi pertama tidak memiliki nilai balik.


echo tampil_tulisan2();

Related Posts

Skrip/Code PHP: Tampil tulisan dengan fungsi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.