Saturday 18 April 2015

Skrip/Code PHP: Perulangan dengan while do dan do while dengan fungsi



<?php

$tulisan="perulangan dengan while . Saya pasti bisa";
$tulisan1="perulangan dengan do .. while. Saya pasti bisa";

function perulangan($data){
      $i=0;
      while($i < 10){
            echo $data. "<br>";
            $i++;      
}

echo "<br>";
echo "<br>";
echo "<br>";
}

function perulangan1($data){
      $n=0;
      do{
            echo $data. "<br>";
            $n++;
      } while($n < 10);
}
perulangan($tulisan);
perulangan1($tulisan1);
?>

Cara Kerja:
Source code di atas akan menampilkan tulisan sebanyak 10 buah dengan perulangan while dan do while. Tulisan akan diambil dari variable yang sudah didefinisikan terlebih dahulu dalam variable tulisan dan tulisan1. Perulangan akan dimasukkan kedalam fungsi perulangan dan perulangan1 yang memiliki parameter inputan dari variable tulisan dan tulisan1.

Pada perulangan while, definisikan dahulu nilai perulangan di variable n diluar parameter while. Pada parameter while kita definisikan kondisi perulangan. Didalam isinya baru perintah yang berisi tulisan/string dari variable tulisan. Tulisan akan terus ditampilkan bertambah sebanyak kondisi yang sudah ditentukan sebanyak kurang dari 10.

Pada perulangan while do, perintah berada setelah do. Perintah berisi menampilkan tulisan/string dari variable tulisan1 dan akan terus bertambah dengan perintah $i++. Kondisi while didefisikan dalam while yang berada di akhir perintah.


Perbedaan perulangan while dan do … while adalah jika while dijalankan dan terjadi kesalahan maka echo tulisan belum ditampilkan karena masih membaca kondisi. Sementara itu, jika do … while echo akan dijalankan sehingga paling tidak string akan ditampilkan terlebih dahulu 1 kali. Kemudian baru akan membaca kondisi di while.

Related Posts

Skrip/Code PHP: Perulangan dengan while do dan do while dengan fungsi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 comments:

Tulis comments
avatar
1 October 2018 at 09:03

Terima kasih atas sharing info while dan do while nya. Nanti bisa saya coba, tetapi saya masih agak bingung tentang perbedaan while(...){...} dan do{...}while(...). Karena menurut saya sama aja, cma beda format penulisan.

Kunjungi blog saya ya: https://tedsu.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id

Reply